Minggu, 02 Oktober 2011

Dribbling


Dunia sepak bola tidak hanya identik dengan gol-gol yang indah, wanita, uang, popularitas, serta gerakan indah saat melewati satu, dua bahkan tiga musuh yang menghasilkan gol ataupun umpan matang. Namun dari kesemuanya itu menurut saya yang menjadikan dasar adalah bagaimana seorang pemain bisa mengontrol bola dikaki seakan-akan bola tidak pernah lepas dari kaki kita.

Lihat saja Edison Arantes do Nascimento 
(Pele) legenda Brasil. Selama berkarir dia telah membawa club dan negaranya menjuarai di ajang kejuaran dunia. Dan di tahun berikutnya tepatnya 1960 di Buenos Aires lahir seorang laki-lakiDiego Armando Maradona. Adalah ia pemain yang mempunyai dribling bola yang luar biasa, dengan badanya yang pendek Maradona mampu melewati lawan-lawannya dengan mudah, dan ingatlah di Piala Dunia 1986 ketika ia mampu melewati lima pemain belakang dan kiper saat melawan Inggris dan menghasilkan gol kala itu. Hingga Diego Armando Maradona mendapat penghargaan terhadap penampilan itu sebagi "Gol Abad Ini" ketika dilakukan voting di Federation Internationale de Football Association tahun 2000 (Selengkapnya http://id.wikipedia.org/wiki/Diego_Maradona)
Lalu siapa lagi yang mempunyai skill drible sepak bola selain meraka??. Banyak sekali di setiap pemain yang mempunyai drible tinggi, namun ada beberapa pemain yang menurut saya layak sebagai regenerasi Diego A. Maradona dan Edison Arantes do N. (Pele)..Jadi siapakah mereka?
Bagi saya di abad 21 ini pemilik drible yang layak di sebut regenerasi D. Maradona dan Pele adalah Ricardo Izecson dos Santos Leite (Kaka)Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro dan pamain yang disebut sebagai renkarnasi Diego A. Maradona, Lionel Andrés Messi. Sehingga mereka layak mendapatkan penghargaan individu di tahun ini, jika dilihat pada Cristiano Ronaldo dia telah membawa Manchester United (MU) menjuarai Primer Leangued serta Liga Champion di musim 2007 dan menurut prediksi saya ia akan mendapatkan " Golden Ball" (sepatu emas). Namun bisa jadi Kaka atau Leonel Messi lah yang mendapatkan Golden Ball itu. Jadi kita tunggu siapa yang layak mendapatkan Golden Ball di tahun ini..

Ngomong-ngmong soal ahli drible, saya mempunyai tips bagaimana kita bisa mendrible bola layaknya Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka atau bahkan Leonel Messi sekalipun. Jadi simak beberapa tips dibawah ini.
  1. Lakukan ditempat yang cukup. Hal ini dimaksudkan agar ruang gerak kita saat mendrible bebas serta memungkinkan kita membuat gerakakan relasi.
  2. Lakukan Pemanasan. Gerakan pemanasan ini dimulai dari atas kepala sampai bawah kaki, hal ini
    memungkinkan saat kita latihan kita tidak mudah mengalami cidera otot. Dan dengan pemanasan otot kaki siap untuk menerima hentakan yang keras.
  3. Siapkan bola dan alat halang rintang. Penempatan alat halang rintang disesuaikan dengan jangkauan kita, jangan terlalu pendek ataupun jauh.
  4. Mulai menggiring. Mulailah dengan kaki menendang bola, mulai dengan gerakan pelan dan melewati alat halang rintang yang kita buat. Sesuaikan dengan kaki yang anda bisa, maksudnya jika anda terbiasa dengan kaki kanan gunakan kaki kanan untuk memulai menendang dan sebaliknya jika anda menggunakan kaki kiri. Lakukan gerakan seperti gambar diatas.
  5. Mulailah dengan satu kaki. Ini kita lakukan agar kita terbiasa dengan membawa bolacaranya : jika dengan kaki kanan. Giring bola melalui telapak kaki bagian depan, dan pada saat melewati penghalang pertama kita belokkan kekiri dengan sisi kaki bagian kiri, lalu dengan pelan untuk melewati penghalang ke dua belokkan bola ke kanan dengan sisi kaki bagian kanan dan seterusnya untuk panghalang berikutnya. Ingat lakukan juga dengan kaki kiri kita.
  6. Jangan terburu-buru. Biasanya orang yang melakukan demikian akan menghasilkan gerakan mendribling kurang sempurna, karena dilakukan tanpa menghiraukan halangan yang kita buat sehingga dalam gerakan akan sering menabrak halangan yang kita buat, dan bagaimana jika kita melewati orang?
  7. Lakukan dengan gerakan kombinasi. Jika kita telah mendribling dengan baik, lakukan dengan gerakan kombinasi, hal ini dilakukan agar lawan tidak bisa menebak arah bola saat kita menggiring bola sehingga dengan mudah kita melewati lawan. Caranya jika awalan kita menggunakan kaki kanan untuk lewati penghalang pertama dan pada saat membelok kekiri gunakan kaki kiri sebelah sisi kiri dan atur agar bola tidak jauh dari kaki. Untuk melewati penghalang kedua jalankan bola dan belokkan kekanan dengan kaki kanan sisi kanan, lakukan juga jika kita menggunkan awalan kaki sebelah kiri. Intinya untuk kombinasi pada saat melewati penghalang pertama digunakan kaki kiri untuk penghalang kedua dengan kaki kanan (ket: dimulai kaki kanan) dan sebaliknya.
  8. Enjoy. Lakukan gerakan mendrible dengan hati yang senang dan fokus. Umpamakan jika penghalang itu adalah lawan anda yang akan merebut bola sehingga bagaimana cara kita mengamankan bola kita agar tidak direbut sedangkan kita harus melewati lawan kita.
  9. Fokus. Jika kita fokus untuk latihan mendrible bola dalam waktu kurang dari 1 minggu kita bisa menghasilkan gaya dribling kita dengan baik.
  10. Terapkan dan tunjukkan. Terapkan apa yang kita hasilkan dalam mendrible bola, tentunya dengan lawan yang sesungguhnya. Dan jangan takut terluka atau tertabrak, seringlah membawa bola dengan melewati satu atau dua orang lawan, bisa jadi yang kita lakukan menghasilkan goal, tendangan penjuru atau bahkan penalti. Dan jangan sering mengumpan, tunjukkan jika kita bisa melewati lawan dengan dribling yang kita miliki. Jika kita dikira pamer biarkan saja sesungguhnya keindahan sepak bola salah satunya berasal dari cara mendribing bola, jika drribling kita berhasil maka kita menciptakan keindahan dalam sepak bola yang kita mainkan sehingga penonton akan senang menyaksikan kita. Jadi jangan ragu.


Read more: http://elektrofootballclub.webnode.com/news/teknik-drible-sepakbola-/
Create your own website for free: http://www.webnode.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar